Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Region Propinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018

 

  1. Bagaimana mendaftar seleksi PPAN Bangka Belitung?
  • Pendaftaran dan pengumpulan scan berkas dapat dilakukan secara online. Silahkan mengacu ke Open Application 2018
  1. Apa saja persyaratan seleksi PPAN Bangka Belitung?
  1. Dimana saya bisa mendapatkan formulir pendaftaran?
  •    Pendaftar diwajibkan mengisi form pendaftaran. Silahkan mengisinya disini
  1. Kapan batas akhir/deadline pendaftaran?
  1. Apa saja tahapan seleksi yang akan saya tempuh?
  • Ada 2 tahapan seleksi yang akan dilaksanakan:
  1.  Seleksi Berkas dan Seleksi tingkat Kabupaten/Kota **(Online dan Offline). Pada tahap ini, pengiriman berkas dapat dilakukan secara online. Masing-masing DISPORA Kab/Kota bekerjasama dengan PCMI Bangka Belitung akan melakukan screening dan penilaian berkas-berkas yang dikirim meliputi Akademik, Prestasi, Kontribusi sosial kepemudaan/kemasyarakatan, dan Proposal PPA yang terdapat dalam berkas pelamar. Selain itu Kota Pangkalpinang melakukan seleksi tahap kabupaten/kota secara langsung secara mandiri bekerjasama dengan PCMI BABEL. Silahkan merujuk ke halaman Open Application 2018 untuk informasi detailnya. Setiap kabupaten kota memiliki kuota 2 orang kandidat dengan 2 orang kandidat cadangan. 14 pendaftar yang lulus pada tahap ini akan mendapatkan undangan dari PCMI Bangka Belitung untuk mengikuti seleksi tahap ke 2. **Silahkan mengacu kepada Open Application 2018 untuk Kabupaten/Kota yang melaksanakan seleksi terpisah.
  2. Karantina dan Seleksi tingkat Propinsi. Pada tahap final ini, peserta akan dikarantina selama 4 hari dan mengikuti rangkaian seleksi PPAN 2018. Pada tahap inilah peserta akan disaring menjadi 6 orang (2 orang kandidat utama dan 4 orang kandidat cadangan) untuk kemudian ditetapkan sebagai delegasi Propinsi Kep. Bangka Belitung 2018.
  1. Apa saja yang akan dinilai pada proses seleksi tahap 2?

Pada proses karantina ini, peserta seleksi PPAN Propinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengikuti beberapa jenis tes dan kegiatan, yaitu:

  •  Wawancara PPA dan Wawancara motivasi program oleh alumni PPAN
  • Tes kemampuan bahasa Inggris
  • Tes kemampuan fisik
  • Psikotest
  • Tes pengetahuan daerah dan negara tujuan program
  • Tes Kemampuan seni dan bakat
  • Leaderlessw Grup Discussion
  • Presentasi PPA Kelompok
  1.    Apa yang dimaksud dengan Dokumen Pendukung?
  • Dokumen Pendukung adalah segala bentuk sertifikat dan/atau piagam yang pelamar miliki yang dapat dilampirkan untuk menunjang penilaian kapasitas dan keaktifan pelamar pada tahap seleksi berkas. Dokumen tersebut dapat berupa sertifikat dan/atau piagam yang menunjukkan kompetensi dan keaktifan pelamar dibidang tertentu, khususnya yang berhubungan dengan kepemudaan, akademik, organisasi, social/community services, volunteering, seni budaya dan sebagainya. Sebaiknya dokumen pendukung adalah piagam dan/atau sertifikat yang didapat  dalam tiga tahun terakhir.
  1. Jika saya sedang kuliah di luar Prov. Kep. Bangka Belitung, apa saya bisa mengikuti seleksi PPAN 2018?
  • Seleksi ini adalah seleksi terbuka untuk pemuda-pemudi Bangka Belitung dimana pun berada yang dibuktikan dengan lampiran KTP Prop. Kep. Bangka Belitung sehingga untuk anda yang sedang belajar atau pun kuliah di luar Bangka Belitung, anda masih memiliki kesempatan terbuka untuk mengikuti seleksi ini dengan tetap mengacu pada persyaratan yang telah ditentukan.
  1. Apakah wajib melampirkan/memiliki sertifikat TOEFL atau tes kompetensi Bahasa Inggris lainnya?
  • Sertifikat TOEFL atau proficiency test sejenisnya belum wajib dilampirkan dalam proses seleksi. Meski demikian, ketika pelamar bersangkutan dinyatakan terpilih sebagai delegasi Bangka Belitung, maka sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC wajib dilampirkan sebagai persyaratan di tingkat nasional.
  1.  Jika sertifikat TOEFL saya adalah TOEFL prediction, apakah saya bisa menggunakan sertifikat tersebut untuk dilampirkan?
  • Boleh. Panitia menerima TOEFL Prediction/ITP/IBT.
  1. Apakah ada persyaratan usia untuk mengikuti seleksi PPAN 2018?
  1. Negara tujuan mana saja yang bisa saya pilih untuk mengikuti program ini?
  1. Jika saya terpilih menjadi delegasi PPAN Bangka Belitung, apakah saya harus cuti kuliah/kerja?
  • Hal tersebut akan bergantung pada lamanya program dan kebijakan universitas tempat peserta menjalani perkuliahan atau atasan tempat peserta bekerja.
  1. Apakah Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan bebas Narkoba harus dilampirkan?
  • Tidak. Namun, jika pelamar telah dinyatakan terpilih sebagai delegasi Bangka Belitung, berkas tersebut akan diminta untuk dilampirkan pada berkas seleksi tingkat Nasional.
  1. Apakah program PPAN ini adalah fully funded program?
  • Secara umum, Program Pertukaran Pemuda Antar Negara dibiayai oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pemuda Dan Olahraga (KEMENPORA) RI yang didukung oleh pemerintah negara tujuan berupa biaya kebutuhan dasar seperti akomodasi dan transportasi. Delegasi terpilih juga akan mendapatkan uang saku. Namun, untuk kebutuhan pribadi seperti uang saku tambahan, biaya kebutuhan persiapan keberangkatan pribadi dan kebutuhan kontingen (di luar kebutuhan kontingen yang dibiayai oleh KEMENPORA RI) seperti souvenir pribadi dan kontingen dan kelengkapan kostum/baju daerah, menjadi tanggung jawab delegasi terpilih.
  1. Bagaimana dengan pengurusan paspor dan visa?
  • Biaya dan pengurusan visa akan ditanggung oleh penyelenggara, namun untuk biaya dan pengurusan paspor adalah tanggung jawab delegasi terpilih.
  1. Apakah pendaftaran seleksi PPAN 2018 dipungut biaya?
  • Tidak. Pendaftaran seleksi PPAN 2018 tidak dikenakan biaya.
  1. Siapa penanggung jawab PPAN?
  • Penanggung jawab PPAN adalah KEMENPORA RI bekerja sama dengan pemerintah negara tujuan
  1. Siapa penanggung jawab seleksi PPAN Bangka Belitung?
  • Penanggung jawab seleksi PPAN Bangka Belitung adalah Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Kep. Bangka Belitung bekerjasama dengan DISBUDPARPORA Kabupaten/Kota.
  1. Kapan pelaksanaan program PPAN 2018?
  • Pelaksanaan program PPAN 2018 tergantung dengan program masing-masing negara tujuan danb akan diinfokan lebih lanjut ketika delegasi telah terpilih di seleksi Final namun secara umum akan dilaksanakan setelah seleksi final dalam kurun waktu tahun 2018.
  1. Apa yang harus saya lakukan setelah mengirim berkas pendaftaran?
  • Terus pantau website PCMI Bangka Belitung dan akun lini massa kami untuk update informasi terbaru karena semua informasi terkait proses seleksi PPAN akan diterbitkan melalui website ini dan juga melalui akun lini massa kami.
  1. Jika saya terpilih menjadi delegasi PPAN Bangka Belitung 2018, apa yang harus saya lakukan?
  • Peserta yang dinyatakan lulus seleksi propinsi dan terpilih menjadi delegasi Bangka Belitung selanjutnya akan mendapatkan rekomendasi dari DISPORA Propinsi Kep. Bangka Belitung dan PCMI Bangka Belitung untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional.
  1.  Bagaimana jika data/informasi yang saya berikan tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya?
  • Jika terbukti bahwa data dan informasi yang diberikan pelamar tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya, maka pelamar tersebut akan didiskualifikasi dari proses seleksi PPAN. Jika pelamar telah ditetapkan sebagai peserta terpilih, maka hak tersebut akan dicabut atau jika peserta telah berangkat untuk menjalani program, maka peserta tersebut dapat dipulangkan sesuai dengan peraturan dan hokum serta undang-undang yang berlaku.

 

2 thoughts on “F.A.Q”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *