Hasil Seleksi Kabupaten/Kota PPAN Kep. Bangka Belitung 2019

Dear Sahabat PCMI Babel,

Panitia Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2019 mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemuda-pemudi Bangka Belitung yang telah berpartisipasi dalam seleksi tahap awal PPAN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2019.

Tahun ini kami merasa bangga karena meski durasi pendaftaran sangat singkat dan lebih awal, tetapi berkas pendaftaran yang kami terima memiliki kualitas yang tak kalah dengan pendaftar tahun-tahun sebelumnya. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting bagi kami terhadap para peserta yang mendaftar tahun ini. Pertama, kurangnya berkas yang dikirimkan beberapa peserta dan adanya peserta yang hanya mengisi google form pendaftaran namun tidak mengirimkan berkas persyaratan.

Kedua, kami juga menyayangkan, untuk tahun ini jumlah pendaftar di beberapa kabupaten mengalami penurunan. Bahkan ada yang tidak ada sama sekali mendaftar sehingga proses pendaftaran diperpanjang. Kami berharap pada seleksi tahun selanjutnya pendaftar mengalami peningkatan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Tim penilai seleksi PPAN 2019 telah melakukan proses CV and Document Reviewing, dan Wawancara/Interview. Sesuai keputusan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kep. Bangka Belitung, maka untuk sementara ini panitia seleksi telah memilih 12 finalis yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap akhir dalam program karantina. Para finalis top 12 merupakan calon kandidat yang terpilih dari masing-masing kabupaten yang diwakili oleh 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Khusus untuk Kabupaten Bangka Barat, dikarenakan masa pendaftaran diperpanjang dan seleksi tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada 28 Maret 2019, maka nama finalis terpilih akan diinfokan lebih lanjut.

Seleksi tahap akhir akan dilaksanakan pada tanggal 11-14 April 2019 di Kota Pangkalpinang. Berkaitan dengan hal ini, panitia akan menyediakan akomodasi selama kegiatan seleksi berlangsung, uang saku, dan penggantian biaya transportasi yang disesuaikan dari kabupaten/kota masing-masing ke tempat seleksi.

Kemudian, melalui pengumuman ini juga kami ingin menyampaikan beberapa hal penting, yaitu:

  1. Administration Screening dan penilaian berkas dilakukan oleh tim penilai administrasi.  Scoring dilakukan berdasarkan beberapa aspek  yang meliputi Leadership melalui riwayat organisasi, Achievement melalui prestasi (Kabupaten = 1, Provinsi/Universitas = 2, Nasional = 3, Internasional = 4), Learning Capacity and Willingness melalui forum/seminar/workshop/lokakarya/kegiatan volunteering, Community Development Ability melalui bukti-bukti pengalaman dalam bidang pemberdayaan masyarakat, English Proficiency (TOEFL/IELTS), serta kemampuan dalam bidang Seni dan Budaya.
  2. Berdasarkan hasil screeningreviewing, dan scoring berkas administrasi yang telah dikirim, saat ini kami telah mengantongi daftar Top 12 yang diambil dari hasil perankingan dan kuota yang telah ditentukan. Untuk 2 finalis perwakilan Kabupaten Bangka Barat akan diinfokan kemudian.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pemuda-pemudi Bangka Belitung yang sangat luar biasa. Kami semua berharap semoga para peserta baik yang melaju ke seleksi tahap final dan karantina maupun peserta yang belum berhasil agar tetap konsisten menjadi pemuda-pemudi yang penuh semangat, berprestasi dengan karya-karya inspiratif serta senantiasa mengembangkan diri baik dalam bidang keilmuan, sosial kemasyarakatan, seni dan budaya serta dalam bidang-bidang lainnya.

Pangkalpinang, 27 Maret 2019

Salam hangat,

Panitia Seleksi PPAN Babel Tahun 2019

*******

 LAMPIRAN

I) Daftar Finalis Utama dan Cadangan Seleksi PPAN 2019 per Kabupaten/Kota.

Calon Kandidat 12 besar PPAN 2019 BANGKA BELITUNG

Pangkal Pinang

1. Umi Salamah (P), 27 tahun
2. A. Malika Mulki (L), 25 tahun

Bangka

1. Firdaus Habibi (L), 23 tahun
2. Puspa Indah Wulandari (P), 24 tahun

Bangka Tengah

1. Gradiska Oktaviyanti (P) 22 tahun
2. Rusihan (L), 23 tahun

Bangka Selatan

1. Abdurrahman Septiadi (L), 25 tahun
2. Lala Sri Fadillah (P), 23 tahun

Belitung

1. Hernawan (L), 24 tahun
2. Fabyola Chuneva Alros (P), 23 tahun

Belitung Timur

1. Novi Emelda (P), 22 tahun
2. Diki Purnama Saputra (L), 23 tahun

Bangka Barat  (nama finalis terpilih menyusul)

Seleksi tahap akhir/ karantina akan dilaksanakan pada:

Tanggal: 11-14 April 2019

Tempat:

LPMP Kepulauan Bangka Belitung, Jalan Belitung Padang Baru Bukit Intan, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *