Pendaftaran Pertukaran Pemuda Antar Negara Bangka Belitung 2018

 

Halo Sahabat PCMI Bangka Belitung,

Salam semangat !

 

Tahun ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali berkerjasama dengan PCMI Bangka Belitung mencari pemuda – pemudi terbaik untuk menjadi Duta Bangsa Indonesia dalam Pertukaran Pemuda Antar Negara 2018.

Seleksi tahap pertama yaitu seleksi tingkat kabupaten/kota. Seleksi tingkat kabupaten/kota meliputi seleksi berkas yang dikirimkan secara online dan seleksi tambahan (wawancara dan unjuk bakat).

Berikut kami informasikan kuota, persyaratan, dan mekanisme pendaftaran seleksi PPAN 2018 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung :

 

 

KUOTA :

*** Untuk saat ini, Prov. Kep. Bangka Belitung mendapat dua kuota untuk kandidat perempuan. Namun pihak PCMI Bangka Belitung dan Dispora Prov. Kep. Bangka Belitung sedang mengupayakan agar salah satu kuota bisa ditukar dengan provinsi lain agar lebih gender-balanced.  Oleh karena itu, kami mengharapkan kandidat laki-laki untuk jangan putus harapan terlebih dulu. Silahkan tetap mempersiapkan diri karena masih ada kemungkinan besar bahwa kuota berbasis gender akan berubah. Informai lebih lanjut terkait hal ini akan kami umumkan sesegera mungkin di media sosial PCMI Bangka Belitung.

 

PERSYARATAN:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), belum menikah, dan berdomisili di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dibuktikan dengan fotokopi KTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  2. Belum pernah mengikuti PPAN yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Telah menyelesaikan pendidikan minimal SMA atau sederajat, dibuktikan dengan fotokopi ijazah terakhir.
  5. Mempunyai wawasan kebangsaan dan cinta tanah air serta pengetahuan yang luas mengenai isu-isu nasional dan internasional.
  6. Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan.
  7. Bersedia mengikuti proses seleksi dan jika terpilih bersedia mengikuti proses pelatihan yang akan diberikan oleh PCMI Bangka Belitung, Dispora Prov. Kep. Bangka Belitung, dan Kemenpora RI.
  8. Setelah menyelesaikan program dan kembali ke Indonesia bersedia memberikan kontribusi secara langsung kepada PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) Bangka Belitung dan aktif jika diminta terlibat dalam program kepemudaan Dispora Prov. Kep. Bangka Belitung.
  9. Setelah menyelesaikan program dan kembali ke Indonesia bersedia melaksanakan Post Program Activity yang telah direncanakan pada saat proses seleksi yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

 

DOKUMEN YANG PERLU DISIAPKAN

  1. Formulir pendaftaran (Isi disini).
  2. Curriculum Vitae / daftar riwayat hidup (Unduh disini).
  3. Scan KTP Bangka Belitung (atau Surat Keterangan Domisili) / Kartu Tanda Pengenal lainnya ( SIM, Kartu Mahasiswa, dll).
  4. Scan Ijazah terakhir / Surat keterangan kuliah.
  5. Ringkasan Rencana Proyek Pasca Program / Post Program Activity (PPA) Summary dalam Bahasa Inggris (Unduh disini).
  6. Scan surat pernyataan bersedia melaksanakan Post Program Activity yang telah direncanakan pada saat proses seleksi. Surat wajib ditandatangai diatas materai 6000 rupiah (unduh disini).
  7. Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL resmi / TOEFL Prediction (TOEFL PBT), (TOEFL CBT),  (TOEFL IBT), atau IELTS).
  8. Bukti bahwa sudah pernah/sedang melakukan pemberdayaan pemuda/masyarakat di berbagai bidang, berupa laporan, foto, atau liputan media disertai deskripsi (contoh unduh disini)
  9. Scan sertifikat prestasi dan partisipasi selama 5 tahun terakhir (maksimal 10 buah sertifikat). Sertifikat harus berasal dari bidang pendidikan, sosial, lingkungan, kepemudaan, dan/atau pengembangan diri.
  10. Video profil diri (Konten video : perkenalan, deskripsi diri, aktivitas sehari – hari dan penjelasan tentang salah satu hal yang membuat kamu bangga menjadi generasi muda Bangka Belitung). Video berdurasi 2-3 menit dan merupakan video one take ( Video diambil dalam 1 kali shoot, tanpa proses editing). Video dapat dibuat sekreatif mungkin. Video sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris. Video diunggah melalui akun youtube masing-masing peserta, dan link-nya wajib dilampirkan pada kolom yang ada pada formulir pendaftaran (google form) yang telah disediakan.

 

MEKANISME PENDAFTARAN DAN SELEKSI

  • Seleksi Berkas

Pendaftaran dan pengumpulan berkas dilakukan secara online (berlaku untuk semua Kota/Kabupaten).  Pengiriman berkas dibuka mulai 15 Maret 2018 pukul 20.00 WIB sampai 25 Maret 2018 pukul 23.59 WIB.

Cara Mendaftar :

Peserta mengisi formulir pendaftaran pada link yang telah disediakan (poin 1 dan 10). Selanjutnya, peserta mengirimkan berkas pada poin nomor 2 sampai 9 (file scan dalam format .pdf dan file maksimal 2 MB) ke alamat surel pcmibabel2@gmail.com dengan subjek SELEKSI PPAN BABEL 2018-Nama Kab/Kota – Nama Peserta (Contoh : SELEKSI PPAN BABEL 2017- Pangkalpinang – Annisa Rohmah).

Konfirmasi Pendaftaran ke nomor narahubung untuk masing-masing Kota/Kabupaten sebagai berikut :

  1. Tomi Sah 081995547097 (Pangkal Pinang)
  2. Disa Natasia 083175139085 (Kab Bangka)
  3. Sapitra 085267647335 (Bangka Tengah)
  4. Dilla Augustine Kolina 081995334053 (Bangka Selatan)
  5. Mira Karina 085381496232 (Bangka Barat)
  6. Anisah 081311023710 (Belitung)
  7. Edwinnata 08197854611 (Belitung Timur)

 

  • Seleksi Tambahan.

Selain seleksi berkas, beberapa Kota/Kabupaten mengadakan seleksi tambahan dalam penentuan delegasi Kota/Kabupaten yang akan diutus untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi. Berikut kami sampaikan informasi terkait seleksi tambahan pada beberapa Kota/Kabupaten yang menyelenggarakannya.

  1. Pangkal Pinang

Selain penilaian berkas, Pangkal pinang juga melakukan sesi wawancara dan unjuk bakat. Wawancara dan unjuk bakat dilakukan pada tanggal 26 Maret 2018 di Hotel Jati Wisata Pangkal Pinang Pukul 08.00 WIB. Seleksi ini wajib diikuti oleh semua pendaftar dari Kota Pangkal Pinang.

  1. Kabupaten Bangka Tengah

Kabupaten Bangka Tengah juga mengadakan sesi wawancara dan unjuk bakat. Wawancara dan unjuk bakat dilakukan secara langsung. Peserta dari Bangka Tengah diwajibkan untuk hadir pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. Lokasi seleksi akan diinformasikan kembali kemudian

  1. Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung & Belitung Timur

Peserta dari Kabupaten yang bersangkutan akan diwawancara by phone

Untuk finalis kota/kabupaten terpilih mengikuti seleksi provinsi, akan diumumkan di website resmi PCMI Babel. Akan ada karantina pada Seleksi PPAN Provinsi Kep. Bangka Belitung yang diselenggarakan pada 12 – 15 April 2018 untuk menentukan perwakilan Bangka Belitung untuk program AIYEP dan SSEAYP 2018.

 

Jika ada pertanyaan terkait pendaftaran PPAN 2018 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, silahkan merujuk ke halaman F.A.Q, atau hubungi kami melalui akun media sosial kami dan dapat juga menghubungi narahubung sesuai Kota/Kabupaten di atas.

 

Best Regards,

 

PCMI Bangka Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *